Peduli dengan Kesehatan Jiwa, Triana Rahmawati Mendirikan Griya Schizofren




Peduli dengan Kesehatan Jiwa, Triana Rahmawati Mendirikan Griya Schizofren - Beberapa tahun belakangan banyak orang yang lebih aware mengenai kesehatan jiwa. Mungkin, hal ini juga berkat banyak orang yang menyuarakan mengenai kesehatan jiwa. Salah satunya yang menyuarakan dan peduli dengan kesehatan jiwa adalah Triana Rahmawati.

Triana Rahmawati yang lebih akrab dipanggil Tria, mendirikan komunitas Griya Schizofren. Hal ini didasari karena banyaknya kasus kesehatan jiwa, namun sedikitnya kepedulian terhadapnya. Dengan adanya Griya Schizofren, Tria berharap OMDK (Orang dengan Masalah Kejiwaan) bisa hidup berdampingan dengan kita, tanpa terkecuali. Tria juga berharap masyarakat mampu menerima OMDK dan hidup berdampingan.

Triana Rahmawati bersama teman-temannya alumni dari mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Sebelas Maret (UNS). Berawal dari ikut Program Kreativitas Mahasiswa - Pengabdian Ilmu Sosial yang berdekatan langsung dengan OMDK, Tria bersama teman-temannya semakin peduli dengan OMDK.

Kita tahu bahwa selama ini OMDK dipandang dengan sebelah mata. Seringnya, mereka diasingkan karena mereka terlihat berbeda dengan kita. Nyatanya, mereka juga memiliki hak untuk hidup dan kembali bersama keluarganya. 

Penghargaan Awards dari ASTRA pada tahun 2017


Penghargaan SATU Indonesia Awards disebutnya sebagai titik balik yang kembali membangkitkan semangatnya saat mengalami kejenuhan dalam menjalankan kegiatan sosial melalui Griya Schizofren yang ia dirikan pada 10 Oktober 2012.

Penghargaan yang menjadi tolok ukur bahwa masih banyak yang orang peduli dengan apa yang dilakukan oleh Tria. 

SATU Indonesia Awards sendiri merupakan wujud apresiasi Astra untuk generasi muda (individu/kelompok) yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya di berbagai bidang seperti Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.


Apresiasi yang didapatkan Tria dari ASTRA tersebut membuatnya bertekad mendirikan mendirikan Beasiswa Volunteer Scholarship dan Beasiswa Happiness Family.


Griya Schizofren bukanlah tempat untuk penyembuhan OMDK, melainkan rumah yang nyaman di mana OMDK diterima secara baik, layak, dan dapat bersosialisasi seperti masyarakat umum.

Senang rasanya masih banyak orang yang peduli dengan sesama. Seperti Triana Rahmawati, semoga lebih banyak lagi orang yang peduli tidak hanya dengan OMDK, tetapi dengan orang-orang yang membutuhkan lainnya.

No comments:

Post a Comment